Praktikum 7 – Membuat Aset Utama

1. Tujuan
Praktikum ini berisi tutorial project yang terdiri dari 5 pertemuan praktikum. Pada pertemuan ini, kegiatannya adalah pembuatan aset utama yang terdiri dari 3D Text dan Capsule.

2. Alat
Adobe Illustrator CC
Cinema 4D R16

3. Bahan
Gambar Text dengan format ekstensi AI versi 8

4. Dasar Teori
NURBS MODELLING

Dalam teknik modeling 3D terkadang kita dihadapkan pada suatu pilihan yang mengharuskan seorang modeller menggunakan teknik tertentu karena mungkin hanya dengan teknik tersebut sebuah model dapat kita buat. Setiap modeller terkadang memiliki beda pandangan terhadap pendefinisian teknik modeling ini namun pada dasarnya adalah sama saja. Ada 3 teknik modeling 3 dimensi yang secara umum dapat digunakan setiap kita akan membuat sebuah model menggunakan aplikasi pemodelan 3D.
3 Teknik Pemodelan 3D tersebut adalah:
1. Teknik Primitive Modeling (Solid Geometry Modeling
2. Teknik Polygonal Modeling (Sculpt Modeling)
3. Teknik NURBS Modeling (Curve Modeling)
NURBS Modelling sendiri Merupakan singkatan dari Non-Uniform Rational B-Spline. Merupakan sebuah teknik modeling dengan fokus utama pemodelan dengan memanfaatkan kurva dan surface 3d. Dengan teknik NURBS seorang modeller dapat membuat obyek dengan kurva yang memiliki tingkat kerumitan tinggi sehingga teknik ini menjadi standar modeling khususnya dalam pembuatan obyek dengan permukaan kurva. Teknik ini dapat diawali dengan sebuah obyek dari standar primitive dari solid geometry (untuk obyek solid) dengan terlebih dahulu dikonversi menjadi editable to NURBS atau langsung melalui panel Geometry untuk obyek berupa Surface (Non-Solid).
 Cara kerja Sweep di Cinema 4D
Sapuan NURBS adalah alat yang menggunakan dua objek, sebuah spline dan spline objek seperti lingkaran atau sisi N. Sapuan NURBS menggabungkan dua objek tersebut dan membuat mereka menjadi satu, dengan menggunakan spline objek untuk lebar dan bentuk keseluruhan, dan spline lain untuk menentukan panjang dan kurva.
 Bump map pada material setting
Bump map merupakan gambar hitam putih dari material yang kita gunakan. Bagian yang terang adalah adalah bagian yang timbul sedangkan bagian yang gelap akan masuk kedalam.

5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6. Petunjuk Praktikum
1. Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS
2. Membuat material yang bersifat Glossy

7. Hasil Praktikum



8. Kesimpulan
Pada percobaan Extrude text kemudian menambahkan accent menggunakan Sweep NURBS, saya mengalami kebingungan dan kebuntuan kenapa text yang saya extrude mulanya solid menjadi hanya linenya saja seperti gambar diatas. entah karena gambar text yang saya inputkan, yang jelas belum saya temukan solusinya. tapi saya akan melakukan percobaan pertama ini kembali agar mengetahui apa yang salah dari langkah saya

9. Referensi

0 comments:

Post a Comment