1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh pembuatan material yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah sebuah material yang terlihat seperti lampu stadion.
2. Alat
Cinema 4D R163. Dasar Teori
BUMP MAP
Bump mapping adalah sebuah tekstur kasar pada sebuah permukaan. Pemodelan bump mapping dilakukan dengan cara membentuk sebuah peta tekstur terlebih dahulu. Setelah terbentuk peta tekstur barulah dilakukan pemetaan ke permukaan obyek. Walaupun memiliki cara kerja yang hampir sama dengan tekstur mapping, bump mapping menghasilkan gambar yang berbeda. Pada tekstur mapping hanya memetakan warna ke permukaan obyek, sedangkan bump mapping memetakan juga kedalaman.
Dengan penambahan bump mapping, akan tercipta sebuah efek pencahayaan di mana permukaan dari obyek tersebut yang sebelumnya mulus, akan menjadi seakan-akan tampak bergelombang dan berlekuk-lekuk.
CHANNEL COLOR
Panel pada Material Editor yang menyediakan fasilitas pengaturan tampilan objek mulai dari color, brightness, dan bahkan texture.
REFLECTANCE
Panel pada Material Editor yang mengatur refleksi cahaya pada objek.
LUMINANCE
Panel pada Material Editor yang mengatur luminans cahaya pada objek. Luminans sendiri adalah salah satu pengaruh mata dalam menangkap sebuah informasi yang aertinya adalah banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan objek.
TEXTURE CIRCLE
Fasilitas Cinema 4D untuk memberikan tekstur tile berbentuk lingkaran pada objek.
4. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
Membuat material mirip lampu stadion
5. Petunjuk Praktikum
6. Hasil Praktikum
7. Kesimpulan
Pada praktikum kali ini, saya tidak menemui kesulitan yang cukup berarti. poinnya terletak pada "feel". bagaimana kita mengatur size lampu yang cocok dan warna yang sesuai berdasarkan feel.
Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports Bumper
8. Referensi
http://www.mohhasbias.com/
0 comments:
Post a Comment