1. Tujuan
Sebagai tahap awal untuk mengenal dan memahami fungsi bagian-bagian dari interface Adobe Flash Professional2. Dasar Teori
Adobe Flash atau dulunya bernama macromedia flash adalah perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar. Secara umum berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
3.Tugas Praktikum
Identifikasi masing-masing bagian user interface berikut
4.Hasil Praktikum
- Document Window Bar
Memuat tab nama file atau data yang sedang aktif - Workspace Switcher
menu dropdown yang berfungsi untuk memilih mode layout tampilan flash secara keseluruhan - Edit Scene, Symbol, Zoom
Tombol-tombol ini berguna untuk mengedit scene, dan symbol serta untuk mengatur level perbesaran - Panel
Berisi beberapa panel yang digunakan untuk mengelola dan mengatur elemen proyek - Stage
Area untuk membuat objek-objek yang akan diberi animasi. Stage dapat diibaratkan seperti panggung pertunjukan. Apasaja yang kita buat pada stage itulah sebuah pertunjukan - Tool Pallete
Berisi tab beberapa panel yang penting dalam adobe flash - Properties Panel
Area yang berfungsi untuk menampilkan detail dari option yang sudah dipilih
- Toolbox
Sebuah panel yang berisi koleksi peralatan untuk membuat atau menggambar, memilih dan memanipulasi isi stage dan timeline - Timeline
Garis waktu terdiri dari banyak Frame yang berfungsi untuk mengatur jalannya animasi yang dibuat. Semakin banyak Frame yang kita buat, maka akan semakin lama jalannya animasi. Pada Timeline terdapat layer yang berfungsi membuat objek yang sama atau berbeda dalam suatu Frame.
5. Kesimpulan
Pada Praktikum kali ini, saya mulai mengenal beberapa fungsi bagian-bagian dari interface Adobe Flash Professional
0 comments:
Post a Comment