1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada
sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini,
penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2. Alat
Adobe Illustrator
CC
Maxon Cinema 4D R16
Maxon Cinema 4D R16
3. Bahan
1. Hasil praktikum sebelumnya
4. Dasar Teori
Secondary Assets
Teknik
ini berfungsi untuk menambah objek baru yaitu objek kedua disamping objek utama
yang telah kita animasikan sebelumnya. Sebagai penghias dan juga peramai objek
kita. Kita bisa membuat animasi secondary assets dengan cara menambakan helix
path dan juga cloner. Helix path berrfungsi untuk membuat objek kedua kita
mengikuti putaran sesuai dengan arah helix tersebut. dan pada cloner kita dapat
mengkontrol objek kedua baik jumlahnya, posisinya, bentuknya dan segala
macamnya.
F-Curves
F-Curve
Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen,
termasuk material dan parameter world dengan mengontrol kurva animasi. Key
frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve
Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame,
sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang
dianimasikan. Pada kondisi default, animasi otomatis bergerak dari lambat
kemudian semakin cepat dan lambat lagi. Nah dengan menggunakan F-Curves Editor
ini kita bisa atur random kecepatan gerakan animasi sesuai dengan yang hendak
kita buat.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal
berikut:
- Tambahkan secondary assets
- Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
- Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan
untuk menyelesaikan tugas praktikum:
- Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
- Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
- Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves
7. Hasil Praktikum
·
secondary assets menggunakan cloner dan helix path
·
kompleksitas gerakan assets utama (logo)
·
F-Curves
8. Kesimpulan
Pada praktikum ini, saya mendapatkan ilmu baru untuk memberikan efek yang lebih kompleks pada logo agar tidak terkesan terlalu sederhana. meskipun pengerjaan saya cukup lama pada penambahan secondary assets saya tetap bisa menyelesaikannya. kesulitannya terletak pada peletakkan posisi yang pas dan enak dipandang, saya bisa lebih dari 5 kali melakukan pengaturan, tapi masih saja dirasa kurang pas dan secondary assetsnya malah menutupi logo utama. pada akhirnya, saya otak-atik End anglenya dan akhirnya keluar value yang cocok. selebihnya untuk pengaturan F-Curve dan penambahan komplektivitas logo cukup mudah dan tereksekusi dengan baik.
9. Referensi
0 comments:
Post a Comment