Praktikum 3 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves

1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.

2. Alat
Adobe Illustrator CC 
Maxon Cinema 4D R16

3. Bahan
1. Hasil praktikum sebelumnya
2. Asset sekunder download

4. Dasar Teori

Secondary Assets
Teknik ini berfungsi untuk menambah objek baru yaitu objek kedua disamping objek utama yang telah kita animasikan sebelumnya. Sebagai penghias dan juga peramai objek kita. Kita bisa membuat animasi secondary assets dengan cara menambakan helix path dan juga cloner. Helix path berrfungsi untuk membuat objek kedua kita mengikuti putaran sesuai dengan arah helix tersebut. dan pada cloner kita dapat mengkontrol objek kedua baik jumlahnya, posisinya, bentuknya dan segala macamnya.

F-Curves
F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol kurva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan. Pada kondisi default, animasi otomatis bergerak dari lambat kemudian semakin cepat dan lambat lagi. Nah dengan menggunakan F-Curves Editor ini kita bisa atur random kecepatan gerakan animasi sesuai dengan yang hendak kita buat.

5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut: 
  • Tambahkan secondary assets 
  • Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
  • Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves


6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum:

  • Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
  • Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
  • Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves

7. Hasil Praktikum
·         secondary assets menggunakan cloner dan helix path

·         kompleksitas gerakan assets utama (logo)

·         F-Curves


8. Kesimpulan
Pada praktikum ini, saya mendapatkan ilmu baru untuk memberikan efek yang lebih kompleks pada logo agar tidak terkesan terlalu sederhana. meskipun pengerjaan saya cukup lama pada penambahan secondary assets saya tetap bisa menyelesaikannya. kesulitannya terletak pada peletakkan posisi yang pas dan enak dipandang, saya bisa lebih dari 5 kali melakukan pengaturan, tapi masih saja dirasa kurang pas dan secondary assetsnya malah menutupi logo utama. pada akhirnya, saya otak-atik End anglenya dan akhirnya keluar value yang cocok. selebihnya untuk pengaturan F-Curve dan penambahan komplektivitas logo cukup mudah dan tereksekusi dengan baik.

9. Referensi


0 comments:

Post a Comment