Praktikum 2 – Camera Path, Lighting, and Material

1. Tujuan

Pada praktikum ini, kita belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan Spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. Alat

Adobe Illustrator CC 
Maxon Cinema 4D 

3. Bahan
  • Hasil Praktikum pertama
4. Dasar Teori

Motion Guide pada Flash dan Camera Path pada Cinema 4D
Animasi motion guide adalah animasi yang mempunyai gerakan sesuai dengan jalur yang kita buat. Animasi ini merupakan lanjutan dari animasi motion tween. Animasi ini sangat cocok digunakan untuk jenis animasi yang membutuhkan ketelitian dalam pergerakan yang dikehendaki atau sesuai keinginan pembuat animasi. Sedangkan Camera Path memiliki fungsi untuk menggeser kamera. Terdapat dua jenis camera path, yaitu track XY Camera dan Track Z Camera. Track XY Camera berfungsi menggeser titik kamera pada bidang XY ke kiri, kanan, atas, bawah. Track Z Camera berfungsi menggeser titik kamera menjauhi atau mendekati ke objek.

Physical Sky dan Area Light
Physical Sky pada cinema 4D berfungsi untuk mengatur keakuratan pada scene pencahayaan. Sangat simpel hanya dengan mengatur pengaturan tinggi dan letak sudut yang bisa menampilkan keakurasian pencahayan yang diinginkan. Sedangkan area light adalah teknik pemberian cahaya pada objek yang sedang dikerjakan sesuai dengan area yang dipilih. Lebih mudahnya lagi, kita hanya mensetting waktu yang kita inginkan, maka sistem akan langsung menyuguhkan background sesuai dengan keadaan waktu itu.

Material pada Cinema 4d
Material pada cinema 4D adalah teknik pemberian warna pada objek contoh penggunaanya adalah ketika pada praktikum ini kita akan memberikan warna pada logo atau objek yang kita buat dengan memasukkan beberapa unsur elemen yang ada pada material ini.

5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan: 
1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path 
2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum

1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.
2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
4. Menambahkan material




7. Hasil Praktikum

1. Logo dengan Camera Path


2. Logo dengan Physical Sky



 3. Logo dengan Lighting


4. Logo dengan Material



8. Kesimpulan

Pada praktikum ini kita belajar untuk menambahkan beberapa elemen pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, dan Material. Camera path diimplementasikan menggunakan Spline, mulanya saya kesulitan dalam mengatur posisi kamera yang pas dengan logo bahkan hingga tiga kali percobaan. Finally, di percobaan ke-empat akhirnya berhasilJ. Penambahan Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light, bagian ini cukup mudah karena tidak begitu banyak hal-hal yang diperhatikan.Akhirnya,  pada praktikum kali ini kita dapat mengetahui arah cahaya dan menambahkan sebuah background yang bisa kita atur sesuai dengan waktu yang kita inginkan dan juga menambahkan material atau teknik pemberian warna pada objek secara sederhana.

9. Referensi

0 comments:

Post a Comment