Prak 12 - Shape Tween

1. Tujuan

Memahami konsep Shape Tween
2. Alat
Adobe Flash Professional CS6
3. Dasar Teori
Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru. Fungsi utama tweening adalah untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lainnya.
Cara kerja tweening adalah dengan cara menentukan dua poin keadaan pada objek awal dan akhir, sedangkan macromedia flash membuat rangkaian gerakan diantaranya. Animasi yang dihasilkan menggunakan metode ini adalah gerakan yang halus, perubahan letak, ukuran, rotasi, bentuk maupun warna.

Prinsip kerja dari animasi motion tween adalah membuat objek pada frame pertama dan terakhir saja, sedangkan frame-frame diantaranya akan dibuat secara otomatis. Objek yang dapat diaplikasikan dalam motion tween adalah objek instance (simbol), group dan teks. Animasi motion tween biasa digunakan untuk membuat animasi objek bergerak, berputar, dan mengubah ukuran (skala).
 Perbedaan Jenis Tweening :

Ø  Shape tween : digunakan untuk membuat animasi perubahan bentuk. Pembuatan animasi ini dapat dilakukan pada beberapa bentuk di dalam sebuah layer yang sama. Hal ini akan memudahkan jika kita ingin melakukan perubahan; bisa mengubah warna.

Ø  Motion tween : digunakan untuk membuat animasi objek bergerak (dari satu posisi ke posisi lain), berputar, dan perubahan ukuran (skala) dan transparansi simbol. Motion tween hanya bisa digunakan pada satu objek pada satu layer. Jadi jika ingin mengerakkan banyak objek maka membutuhkan banyak layer. Motion tween tidak dapat diterapkan pada objek shape. Teknik ini hanya dapat diterapkan pada objek instance atau yang berupa simbol, group, dan teks. Teknik ini juga dapat men-tween warna dari simbol dan tulisan, gradasi warna, fade in atau fade out. Tetapi untuk men-tween warna dari group tulisan, harus di ubah menjadi symbol terlebih dahulu.

Shape tween memiliki karakteristik yang harus dipahami sebelum membuat animasi ini, yaitu : 
1. Obyek yang dibuat motion tween adalah bukan obyek symbol 
2. Obyek atau gambar merupakan obyek yang tidak digroup 
3. Memerlukan 1 obyek di frame awal & 1 obyek di frame akhir 
4. Tugas Praktikum
Buatlah Animasi dengan memanfaatkan fungsi Shape Tween
5. Hasil Praktikum
Shape Tween pada flash adalah sebuah format yang di gunakan khusus untuk animasi sebuah objek yang dapat mengubah bentuknya menjadi objek lain sesuai keinginan dari sang pembuat animasi itu sendiri . Pada dasarnya konsep dari shape tween itu hampir sama dengan classic tween . Classic tween itu sendiri adalah format pada flash yg digunakan untuk membuat animasi berupa objek yang hanya berpindah tempat / bergerak saja. Pada flash cs3 classic tween dan motion tween itu sama tapi pada flash cs5 classic tween dan motion tween itu berbeda . langkah - langkah untuk membuat classic tween sederhana adalah sebagai berikut :

1 . buka adobe flash cs6 professional . 
2 . buat sebuah objek 
3 . blok objek tersebut , tekan f8 lalu ubah dari movie clip menjadi symbol 
4 . double klik pada objek tersebut 
5 . pada frame yg ke 30 insert keyframe 
6 . ubah letak objek tersebut , bila perlu ubah warna objek tersebut . 
7 . pada frame yang ke 15 klik kanan , classic tween 
8 . jalankanlah animasi tersebut . animasi objek berubah bentuk dan warna sudah jadi dengan menggunakan classic tween  

Sedangkan jika shape tween , seperti yg sudah saya jelaskan sebelumnya , tdk hanya bisa merubah letak dan warna dari objek tersebut, juga bisa mengubah bentuk dari objek tersebut. langkah - langkah untuk membuat animasi sederhana dengan menggunakan shape tween adalah : 

1 . buka adobe flash cs5 professional 
2 . buat sebuah objek 
3 . blok objek tersebut , tekan f8 lalu ubah dari movie clip menjadi symbol 
4 . double klik pada objek tersebut 
5 . pada frame yg ke 30 insert keyframe 
6 . ubah letak dan bentuk serta warna dari objek tersebut . 
7 . pada frame yang ke 15 klik kanan ,shape tween 
8 . jalankanlah animasi tersebut . animasi objek berubah bentuk dan warna sudah jadi                dengan menggunkan classic tween  


6. Kesimpulan
     Praktikum kali ini saya mengaplikasikan fungsi shape tween pada pembuatan beberapa logo brand ternama. Kesulitan yang saya alami adalah, menempatkan perpindahan logo yang cocok dan pas antara logo satu ke logo berikutnya.
7. Refrensi

Weebly

0 comments:

Post a Comment